Notifikasi

voucer
voucer
voucer

5 (Lima) Obat Hati yang di anjurkan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW Bersabda: “Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari)
Assalamualaikum..!
hallo sahabat ma'arif, pernahkan kalian merasa bingung, kesal dan akhirnya prustasi..? jika pernah, maka inilah kedaan kalian saat itu, yaapp semua itu dikarnakan hati yang lagi bermasalah. kenapa..? yapp, dikarnakan ketika hubungang diri kalian dengan diri sendiri (hati) bermasalah maka hubungan keluarpun akan bermasalah (orang lain). percaya gak..? nggak percaya gak masalah, karna andalah yang merasakannya. dan jika itu betul maka anda harus baca solusinya..! sebelun itu kita bahas dulu apa itu hati..?
5 (Lima) Obat Hati yang di anjurkan Rasulullah SAW

Apa Itu Hati..?

Hati berasal dari kata Qalbun yang artinya berbolak balik. Hati merupakan  bagian yang sangat terpenting dari pada manusia. Apabila hati kita baik maka baiklah semua amalan kita. tetapi apabila hati kita buruk maka hancurlah semua amalan kita. karena didalam hati kita memiliki beberapa penyakit hati seperti sombong, takabur, ria, dengki, iri, suuzzon, ujub dan lain sebagainya. Sebagi manusia awam kadangkala kita pernah tersirat sifat tersebut dihati kita.  jadi sebisa mungkin kita membuang jauh-jauh sifat  kotor tersebut. Karena penyakit hati jauh lebih berbahaya dari pada penyakit fisik. Penyakit hati dapat mengakibatkan kesengsaraan bagi kita, kesengsaraan didunia dan kesengsaraan di akhirat nanti.
Rasulullah SAW Bersabda: “Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari)
Dari hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa baik buruknya seseorang itu dari hati. Jadi sebisa mungkin lawanlah dan buanglah penyakit hati kita. Jika tidak dilawan penyakit itu, maka dia akan selalu berkembang biak didalam dada kita. Nah bagaimana cara melawan dan mengatasi penyakit hati tersebut? Berikut obat yang sangat ampuh yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk melawan penyakit hati:
Baca Juga : Ciri Ciri Wanita sholihah Idaman para lelaki muslim

5 (Lima) Obat Hati yang di anjurkan Rasulullah SAW

  1. Membaca Al Qur’an dan merenungkan maknanya : Disaat kita mulai merasa kesal dan sakit hati cobalah untuk membaca Al-Qur’an dan merenungkan maknanya agar hati kita dapat menjadi lebih tenang.
  2. Melakukan shalat malam (shalat tahajjud) : Ketika kita tidak mampu membuang segala rasa kebencian dan kesedihan didalam hati kita,  maka dirikanlah shalat malam yaitu shalat tahajud. adulah semua masalah sama Allah dan mintalah dengan sungguh-sungguh kepada Allah. Insya Allah, Allah akan memberikan ketenangan hati kepada kita.
  3. Berkumpulan atau Bergaul dengan orang-orang sholeh : jika kita selalu berkumpul dengan orang-orang yang sholeh seperti dimajelis ta’lim dan bergaul dengan orang-orang tersebut,  maka setiap hari kita akan mendapatkan siraman rohani sehingga hati kita akan menjadi lebih tenang. 
  4. Perbanyakkan berpuasa : Dengan berpuasa maka hawa nafsu kita dapat terkendali. dan pastinya penyakit hati yang ada didalam hati kita, sedikit demi sedikit akan hilang.
  5. Berzikir dan berdo’a dengan merendahkan diri dihadapan Allah : ketika kita mengalami penyakit hati maka cepatlah untuk mengingat Allah dan berzikirlah dengan menyebut namanya, lebih-lebih disaat sepertiga malam. Karena dengan berzikir hati akan menjadi lebih tenang.
yaap, itulah lima obat hati yang insyaalloh mujarap, khusus bagi kalian yang ingin membersihkan hati dan ingin hidup dalam ketenangan lahir dan bathin. Amin ya robbal ‘alamin.
Islami
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.