Notifikasi

voucer
voucer
voucer

Pembahasan SKU Penggalang Rakit Secara Lengkap (1-30)

Pembahasan SKU Penggalang Rakit Secara Lengkap (1-30), tujuan pramuka,pramuka penegak,lambang pramuka,tanggal berapa pramuka disahkan,pramuka penggalang,pengertian pramuka secara umum,sandi pramuka,pramuka siaga,kunci jawaban sku penggalang rakit,kunci jawaban sku penggalang rakit no 1-30,jawaban sku penggalang rakit 2017,kunci jawaban sku penggalang ramu rakit terap,jawaban sku penggalang rakit no 12,kunci jawaban sku penggalang ramu brainly,jawaban sku penggalang terap 1 sampai 30,jawaban sku penggalang ramu no 22,Navigasi Halaman,syarat penggalang rakit,download buku tuntas sku penggalang rakit,jawaban sku penggalang rakit 2017,jawaban sku penggalang rakit no 12,kunci jawaban sku penggalang rakit no 1-30,penggalang terap,kunci jawaban sku penggalang ramu rakit terap,jawaban sku penggalang rakit no 10,Navigasi Halaman
Assalamualaikum..! Salam Pramuka..! seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ada bayak sekali tingkatan-tingkatan dalam prmuka. salasatunya adalah tingkatan penggalang yang merupakan tingkatan kedua pada pramuka. Anggota pramuka penggalang berkisar pada usia 11 sampai 15 tahun. Artinya anggota pramuka penggalang umumnya merupakan siswa kelas 4 SD sampai kelas 9 atau kelas 3 SMP.
Dalam pramuka penggalang, terdapat syarat kecakapan umum (SKU) yang harus dipenuhi untuk mendapat tanda kecapakan umum (TKU) yang dibagi menjadi empat tingktan. Tingkatan pramuka penggalang di antaranya adalah penggalang ramu, penggalang rakit, penggalang terap dan penggalang garuda.
  • Penggalang Ramu adalah Penggalang ramu merupakan tingkatan pertama dalam syarat-syarat kecakapan umum dalam satuan pramuka penggalang, sebelum penggalang rakit, penggalang terap dan penggalang garuda.
  • Penggalang Rakit adalah Penggalang rakit merupakan tingkatan kedua dalam syarat-syarat kecakapan umum dalam satuan pramuka penggalang, setelah penggalang ramu serta sebelum penggalang terap dan penggalang garuda.
  • Penggalang Terap adalah Penggalang terap merupakan tingkatan ketiga dalam syarat-syarat kecakapan umum dalam satuan pramuka penggalang, setelah penggalang ramu dan penggalang rakit serta sebelum penggalang garuda.
  • Penggalang Garuda adalah Penggalang garuda merupakan tingkatan pertama dalam syarat-syarat kecakapan umum dalam satuan pramuka penggalang, setelah penggalang ramu, penggalang rakit dan penggalang terap.
untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi pembahasan SKU Pengggalang Rakit yang mungkin isi yang gak jauh beda dengan SKU penggalang lainnya. oleh karna itu silahkan simak baik-baik.
Baca Juga : Pembahasan Tingkatan Pramuka Secara lengkap_Terendah-Tertinggi

Pembahasan SKU Penggalang Rakit Secara Lengkap 


Penggalang Rakit
Pramuka SMP Plus Ma'arif Nu Cimis

Penggalang rakit artinya mulai merakit atau menyusun hal-hal yang sudah dikumpulkannya pada tingkatan sebelumnya untuk memantapkan diri di tingkatan selanjutnya. Penggalang Rakit adalah tingkatan kedua dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum satuan Pramuka Penggalang setelah Penggalang Ramu dan sebelum Penggalang Terap. (Admin_HR, 2014)

Seorang anggota Pramuka tingkat Penggalang Rakit, harus bisa Merakit pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan yang diperolehnya saat menjadi Penggalang Ramu sebagai pengalaman untuk bekal hidupnya di masa mendatang. (Iqra, 2010)

TKU Penggalang Rakit

TKU penggalang rakit antara lain:
  1. bentuk, ukuran, gambar dan warnanya sama dengan tanda Tingkat Penggalang Ramu.
  2. Jumlah bentuk huruf “V” : dua buah.

SKU Penggalang Rakit

        Sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 199 Tahun 2011 tentang Panduan Penyelesaian SKU Golongan Penggalang dan SK Kwarnas No 198 Tahun 2011 tentang Syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang, SKU Pramuka Penggalang Rakit terdiri atas 30 nomor sebagai berikut:
  1. Mengikuti acara-acara keagamaan sesuai dengan agama yang dianutnya. Artinya: Ikut serta pada acara-acara keagamaan yang dibuktikan dengan buku catatan (Sandi, 2014)   
  2. Dapat membuat laporan singkat kegiatan keagamaan yang diikutinya. Artinya: Dapat membuat laporan singkat tentang kegiatan keagamaan yang telah diikuti. (Sandi, 2014)
  3. Dapat menjelaskan tentang toleransi beragama antar umat beragama dilingkungannya Artinya: Mampu menceritakan tentang bentuk toleransi beragama dan antar umat beragama dilingkungannya . contoh toleransi ini meliputi menghargai dan merngormati antar agama yang berbeda.
  4. Untuk Agama di Indonesia ada beberapa macam: Klik disini       
  5. Dapat melaksanakan dan memimpin diskusi dalam regu. Artinya: Pernah melaksanakan dan memimpin serta mengatur jalanya diskusi dalam regunya.
  6. Dapat menyebutkan dan menjelaskan ciri-ciri mengendalikan Emosi diri. Klik Disini
  7. Melakukan atau mengikuti kegiatan penghijauan di lingkungannya atau di daerah lain serta menanam dan merawat tanaman penghijauan, Artinya Pernah mengikuti kegiatan penghijauan di lingkungan atau daerahnya dan merawatnya.
  8. Dapat menjelaskan tentang hak perlindungan anak didepan regunya. = Hak perlindungan anak di Indonesia telah diatur dengan Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Selain itu, secara umum juga telah termuat dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Hak Perlindungan Anak dapat diartikan sebagai hak yang dimiliki oleh setiap anak (usia 18 tahun ke bawah) untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
  9. Ikut serta dalam kegiatan Lomba Tingkat dan lomba Pramuka Penggalang, yang di selenggarakan oleh Gugus depan dan kwartir. Pernah mengikuti kegiatan lomba tingkat yang meliputi:   Lomba Tingkat I (LT I) , Lomba Tingkat II (LT II) , Lomba Tingkat III (LT III) , Lomba Tingkat IV (LT IV) , Lomba Tingkat V (LT V)
  10. Dapat menyebutkan dan menjelaskan tanda pengenal pada pakaian seragam pramuka.
  11. Dapat membuat struktur organisasi dari tingkat Rt/Rw sampai tingkat Kelurahan di tempat tinggalnya. Dapat membuat bagan struktur organisasi tingkat kelurahan sampai RT di tempat tinggalnya.
  12. Dapat menjelaskan nilai kandungan dalam Trisatya dan Darma Pramuka Penggalang. Baca : Makna Dasa Darma dan Cara Mudah Menghafalnya Dan Pengertian dan Makna TRI SATYA serata Penerapan dalam Kehidupan (Lengkap)
  13. Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang kurangnya 10 kali latihan dan dapat menunjukkan presensi kehadiran. Sama dengan cara penempuhan/pengujian pada tingkat penggalang ramu, hanya bedanya dari segi lamanya periode berlatih. Jika pada penggalang ramu diwajibkan mengikuti latihan selama 6 kali bertuiut-turut, maka pada tingkat penggalang rakit seorang penggalang ramu harus mengikuti latihan selama 10 kali berturat turut.
  14. Dapat menjelaskan dan melaksanakan tentang cara memberi salam pramuka. Baca : Macam-Macam SALAM PRAMUKA dan FUNGSI serta Cara Penggunaanya
  15. Dapat menjelaskan sejarah bendera merah putih dan perlakuannya kepada regunya (Memahami UU No.24 Tahun 2009).
  16.  Dapat menjelaskan sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia dan perlakuannya kepada regunya (Memahami UU No.24 Tahun 2009).
  17. Dapat menjelaskan lambang Negara dan perlakuannya kepada regunya. (Memahami UU No. 24 Tahun 2009).
  18. berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan dapat membuat laporan secara tertulis hasil pertemuan yang diikutinya. Selalu berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap pertemuan penggalang. Dapat membuat laporan tertulis dari hasil pertemuan yang diikutinya.   
  19. Memiliki tabungan atas nama pribadi dan aktif menabung secara rutin dari hasil usahanya sendiri serta dapat menunjukkan. Memiliki buku tabungan pribadi dan selalu aktif menyisihkan uangnya untuk ditabung secara rutin dari usahanya sendiri yang dapat ditunjukkan buktinya.
  20. Dapat mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi. Mampu mengoperasikan telepon seluler atau computer secara bijak. 
  21. Dapat mengolah sampah serta mempraktikkan cara pengolahannya secara komposting. Dapat memilah golongan sampah basah dan kering. Mampu mendaur ulang sampah dan mempraktikanya secara komposting agar sampah itu dapat lebih bermanfaat. 
  22. Dapat melakukan proses penjernihan air secara sederhana. Mampu mempraktikkan proses penjernihan air secara sederhana agar air lebih jenih dan dapat dimanfaatkan. 
  23. Dapat membuat beberapa jenis pionering seperti rak piring, meja makan, tiang jemuran, menara kaki tiga dengan menggunakan tali simpul dan ikatan yang benar. Mampu  membuat salah satu jenis pioneering dengan simpul dan ikatan yang benar, seperti : Rak  piring, Meja makan, Tiang jemuran, Menara kaki tiga 
  24. Dapat menggunakan dan menjelaskan kompas dan membuat Peta Pita serta manaksir kecepatan arus dan kedalaman sungai. Mampu menunjukkan dan menjelaskan 16 arah mata angin dengan menggunakan kompas. Mampu membuat peta pita serta mengidentifikasi kecepatan arus dan kedalaman sebuah sungai.
  25. Dapat membuat dan menerjemahkan sandi, menerima berita dengan menggunakan bahasa morse dan semaphore. Dapat memahami sandi, menerima berita dengan menggunakan bahasa morse dan semaphore.
  26. Selalu berpakaian rapi di setiap saat dan memelihara kesehatan dan kebersihan diri di lingkungannya sesuai peraturan. Selalu menggunakan pakaian pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturan yang berlaku. 
  27. Dapat memimpin dan mengucapkan aba-aba dalam baris berbaris serta dengan tongkat untuk regunya. Mampu memberi aba-aba ditempat dengan baik dan benar, seperti ,Siap, Istirahat di tempat, Hadap kanan, Hadap kiri, Balik kanan, Lencang kanan, Lencang depan
  28. Tahu peraturan permainan tiga cabang olahraga yang dipilihnya dan dapat melakukan salah satu yang dipilihnya.  
  29. Mengetahui ciri-ciri perubahan perkembangan fisik tubuh pada dirinya dan faham akan norma-norma pergaulan. Dapat menjelaskan adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh yang terjadi dan mengerti batas-batas dalam bergaul khususnya dengan yang berlawan jenis.
  30. Dapat menunjukkan jadwal kegiatan aktifitas fisik dan gerakan tubuh yang dilakukan setiap hari minim 45 menit. Melakukan aktivitas fisik setiap  hari sedikitnya 45 menit seperti berolah raga
Haah.. sekian yang bisa saya sampaikan. kurang lebihnya mohon maaf silahkan beri komentar jika ada prtanyaan. 

pramuka
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.