Notifikasi

voucer
voucer
voucer

Pengertian dan Penjelasan Lengkap Iman Kepada Hari Akhir Hari / Hari Kiamat

Akhir disebut pula dengan hari kiamat, yakni hari berakhirnya seluruh proses kehidupan di dunia ini, yang diawali dengan tiupan sangkakala sehingga bumi terangkat dan terguncang hebat, gunung-gunung terlepas dari tempatnya, berbenturan, dan bertebaran seperti kapas yang tertiup angin. Sesuai denganfirman Allah QS. Al-Haqqah: 13-16.A rtinya :
Assalamualaikum Wr.Wb..! tak terasa sudah waktu kian berlalu, seperti yang kita ketahui pada jaman Rasull pun dunia ini sudah sangat tua. apalagi di kehidupan saat ini, yang mungkin dunia ini sudah tidak akan lama lagi. kasarnya dunia ini akan hilang / hancur / dan tidak akan ada kehidupan lagi. bukan haya dunia tapi seluruh alam semesta dan semua isinya, tidak akan ada yang tersisa kecuali Allah SWT sang Pencipta. hari itu disebuat dengan hari ahir / hari kiamat. dan kita sebagai umat islam wajib mengimaninya/mempercainya. jadi, Apasih iman pada hari kiamat itu..? seperti apa dan apa yang akan terjadi setelah itu..? silahkan simak artikel dibawah untuk penjelsan lengkapnya.

Penjelasan dan penjelasan lengkap Iman Kepada Hari Akhir Hari, penjelasan lengkap Iman Kepada Hari Akhir Hari

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir Hari 

Akhir disebut pula dengan hari kiamat, yakni hari berakhirnya seluruh proses kehidupan di dunia ini, yang diawali dengan tiupan sangkakala sehingga bumi terangkat dan terguncang hebat, gunung-gunung terlepas dari tempatnya, berbenturan, dan bertebaran seperti kapas yang tertiup angin. Sesuai denganfirman Allah QS. Al-Haqqah: 13-16.A
rtinya : 
 “ maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlahbumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya dengan sekali bentur. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat, dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi rapuh.” (QS. Al-Haqqah: 13-16).

Beriman kepada hari akhir adalah rukun ke lima dari beberapa rukun iman.Artinya ialah menyakini dengan pasti kebenaran setiap hal yang diberitakan olehAllah SWT dalam kitab suciNya dan setiap hal yang diberitakan oleh RasulNyaSAW mulai dari apa yang akan terjadi sesudah mati, fitnah kubur, adzab dannikmat kubur, dan apa yang terjadi sesudah itu seperti kebangkitan dari kubur,tempat berkumpul di akhirat (mahsyar), catatan amal (shuhuf), perhitungan(hisab), timbangan (mizan), telaga (haudh), titian (shirath), surga dan neraka sertaapa-apa yang dijanjikan Allah SWT bagi para penghuninya. 

Macam-Macam Hari Akhir dan Tanda-tandanya

Meskipun waktu terjadinya hari kiamat tidak ada yang mengetahuinya, akantetapi Allah SWT memberitahukan kepada RasulNya SAW tentang tanda-tandakiamat tersebut. Kemudian Rasulullah SAW menyampaikan kepada umatnya tentang tanda-tanda kiamat. Kiamat sendiri diklasifikasikan menjadi dua bagian,yang terdiri atas kiamat besar dan kiamat kecil.

1. Kiamat sughra 
Kiamat sughra atau kiamat kecilYaitu kerusakan atau kematian yang dialami oleh sebagian kecil umatmanusia yang ada didunia. Misalnya kematian yang dialami oleh seseorangkarena kecelekaan, sakit, atau terkena bencana alam, sperti banjir, gunungmeletus, dan kebakaran. Mati adalah terpisahnya antara jasmani dan rohani.Jasmani kembali ke asalnya yaitu tanah, sedangkan rohani terus hidup di alamBarzakh (alam kubur). Firman Allah menyatakan yang :Artinya:
Tiap-tiap yangberjiwa akan merasakan mati. Kemudian kepada kamilah kamu dikembalikan
.(Q.S. Al-Ankabut)Di antara tanda-tanda kiamat kecil adalah:
  • Diutusnya Rasulullah Saw Hadis riwayat Sahal bin Saad ra., ia berkata:Aku mendengar Nabi saw. bersabda sambil memberikan isyaratdengan jari telunjuk dan jari tengah: Waktu aku diutus (menjadi rasul) danwaktu hari kiamat adalah seperti ini (mengisyaratkan dekatnya waktukiamat). (Shahih muslim) 
  • Disia-siakannya AmanatMaksudnya adalah menyerahkan urusan kepadaorang yang bukan ahlinya.
  • Merebaknya perzinahan-Perzinahan dilakukan terang-terangan dan sudahmenjadi suatu kebiasaan di masyarakat luas. Saat ini free sex atau kumpulkebo dan perselingkuhan sudah jadi hal yang biasa. Bukan hanya antar pria dan wanita, bahkan juga sesama jenis (homosex/lesbian).
  • Mabuk-mabukan banyak dilakukanMabuk seolah bukan perbuatan yangdiharamkan. Saat ini minuman keras dapat dibeli dengan mudah di minimarket atau super market.
  • Banyaknya kaum wanitaDari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. “Sesungguhnya di antara tanda -tanda kiamat adalah ilmudiangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orangyang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai  pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari)
  • Bermewah-mewah dalam membangun masjid. Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Diantara tanda kiamat adalah bahwa manusiasaling membanggakan dalam keindahan masjid.” (HR Ahma’i dan Ibnu Hibban) 

2. Kiamat Kubra

Kiamat Kubra ( kiamat besar )Yaitu kemtian dan kehancuran seluruh alam raya tanpa kecuali. Setelahkejadian ini maka kehidupan di dunia akan berganti dengan alam yang baru yangdisebut alam akhirat. Alam akhirat ini merupakan alam terakhir, sesudahnya tidakada alam yang lain. Untuk kapankah terjadinyakiamat kubro hanyalah Allahyang maha mengetahui. Tidak ada satu makhluk pun yang dapat mengetahuidengan pasti kapan kiamat kubro terjadi.
 Diantara tanda-tandanya adalah:
  • Terbitnya matahari dari arah barat dan terbenam dari arah timur. Hal initerjadi karena perubahan besar dalam susunan alam semesta. 
  • Keluarnya suatu binatang yang sangat aneh. Binatang ini dapat bercakap-cakap kepada semua orang dan menunjukkan kepada manusia bahwakiamat sudah sangat dekat.c.
  • Datangnya Al-Mahdi. Beliau termasuk keturunan dari Rasulullah SAW.Oleh karena itu, beliau serupa benar akhlak dan budi pekertinya denganRasulullah SAW.
  • Munculnya Dajal. Dajal adalah seorang yang muncul sebagai tandasemakin dekat datangnya kiamat. Dajal bermata buta sebelah dan mengaku sebagai “Tuhan”.
  • Hilang dan lenyapnya Al - Qur’an dan mushaf, bahkan lenyap pulalah yang ada di dalam hati seseorang.
  • Turunnya Nabi Isa as. Beliau akan turun ke bumi ini di tengah-tengahmerajalela pengaruh Dajal.

Peristiwa Yang Terjadi Setelah Hari Kiamat

Sesudah hari kiamat manusia dibangkitkan dari kematian dan mulai menjalanikehidupan baru di alam akhirat dengan fase sebagai berikut : 

1. Alam Barzah

Alam barzah, yaitu batas antara alam dunia dengan alam akherat dan dapatdisebut dengan alam kubur dan merupakan pintu untuk menuju akhirat. Kejadian-kejadian yang akan dialami manusia di alam kubur adalah sebagai berikut:a. 
  • Pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir. Setiap manusia yang telahmeninggal dunia akan diperiksa amal mereka oleh malaikat munkar dannakir mengenai keimanan dan amal perbuatannya, bagaimana kwalitasiman seseorang, apakah dia beriman kepada allah swt atau tidak dan amal-amal apa saja yang mereka perbuat ketika di dunia.
  • Nikmat dan siksa kubur. Setelah mereka diperiksa, bagi yang berimankepada allah swt,dan beramal saleh, maka baginya memperoleh nikmatdialam kubur, sebaliknya bagi mereka yang yang tidak beriman kepadaallah akan memperoeh siksa kubur. 

2. Yaumul Ba’ats (hari kebangkitan)

 Kehidupan hari akhir dimulai dengan adanya ba’ats yakni pembangkitan
seluruh mahluk dari kubur, maksudnya ialah mengembalikan ruh manusia dalam tubuhnya yang asli, dan manusia di bangkitkan dengan keadaan yang bebeda-bedasesuian dengan amal perbuatan mereka.

3. Yaumul Mahsyar

Yaumul Mahsyar Ialah tempat berkumpulnya manusia setelah mati dengan berbagai macam bentuk sesuai amal perbuatan yang dilakukannya di duniasemasa hidup.

4. Yaumul Hisab (hari perhitungan)

Di sini diadakan perhitungan dosa dan pahala manusia, yang lebih banyakdosanya maka akan masuk kedalam neraka dan yang lebih banyak pahalanya tentuakan masuk dalam surga Allah.

5. Yaumul Mizan

Mizan adalah timbangan amal, dimana amal perbuatan manusiadiperhitungkan bobotnya dengan timbangan keadilan Allah. Timbangan keadilanAllah memiliki ketepatan yang tidak mungkin meleset sedikit pun. Semua amal perbuatan manusia dari yang terkecil sampai yang terbesar ditimbang dengantimbangan tersebut.

6. Ash-Shirat

Ash-shiraath secara bahasa (etimologi) berarti jalan, sedangkan menurut
syar’i (terminologi) adalah jembatan yang dibentangkan di atas Neraka yang akan
dilewati ummat manusia menuju Surga sesuai dengan amal perbuatan mereka.

7. Surga dan nerakaa.

  • Surga. Surga adalah tempat yang di dalamnya menyediakan segala bentukkenikmatan, kebahagiaan dan kesempurnaan dari Allah SWT, hanya untukorang-orang yang beriman dan beramal saleh. Allah berfirman:Artinya;  
“Balasan mereka di sisi Tuhan mereka adalah Surga ‘Adn, yang di bawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada TuhanNya.” (Q.S. Al-Bayyinah:8)
 Adapun macam-macam surga adalah ‘adn, Firdaus, na’im, ma’wa,darussalam, darul muqamah. 
  • Sedangkan neraka adalah kampung yang dipersiapkan Allah untuk orang-orang kafir, yaitu orang-orang yang mendustakan para Rasul dan menolaksyariat-Nya. Neraka adalah kehinaan terbesar dan kerugian yang abadi.seperti yang di firmankan Allah: Artinya :
Tidakkah mereka (orang-orangmunafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasil-Nya, maka sesungguhnya Neraka Jahannamlah baginya, dia kekaldi dalamnya. Itu adalah kehinaan yang besar.  (Q.S. At-Taubah: 63).
Macam-macam neraka adalah jahim, jahannam, hawiyyah, huthamah, saqar, sa’ir, lail. 

Hikmah Iman Kepada Hari Akhi. 

  1. Menjadikan sesorang lebih meyakini adanya kehidupan berikutnya(kebangkitan)
  2. Meyakini bagian-bagian dari peristiwa hari akhir, seperti adanya hisab(perhitungan), mizan (tibangan amal), surga dan neraka sebagaikonsekuensi sebagai manusia untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan-perbuatanya selama hidup di dunia
  3. Memberi dorongan untuk bersikap disiplin, taat, dan patuh menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya serta takut terhadap azabAllah.
  4. Mendorong untuk selalu berbuat baik (beramal saleh) karena semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia akan nemdapatkan balasan.
Iman kepada hari akhir akan memiliki nilai positif bagi hidup dan kehidupan manusia diduinia melalui kesadarannya untuk beperilaku sebagai berikut
  1. Selalu bertindak hati-hati dengan mendasarkan kesadaran yang tinggidan iman yang baik sesuai dengan ajaran Islam. 
  2. Selalu berdisiplin dan mematuhi ajaran agama Allah, karenamengetahui segala perbuatan akan selalu dipantau, dicatat, dandiperhitungkan pada pengadilan akhirat kelak.
  3. Memiliki dorongan untuk merasakan kenikmatan dan merasakansiksaan. Adanya gambaran surga dan neraka akan membuatnya selaluingin melaksanakan kebaikan dan tidak melaksanakan dosa dankemaksiatan.
  4. Menghilangkan sifat egois dan berusaha memupuk sifat sosial agamis,yakni mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau berbuat demi kemaslahatan teman.

 Kesimpulan Pengertian Iman Kepada Hari Akhir Hari 

KesimpulanHari akhir atau hari kiamat adalah hari binasanya atau hancurnya seluruhalam semesta. Iman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa suatu saat alam semesta akan hancur dan manusia akan dibangkitkan darikubur menuju alam akhirat yang akan kekal selamanya tanpa ada bataswaktunya. Beriman pada hari akhir merupakan rukun iman yang ke lima olehkarena itu sebagai umat islam kita wajib mempercayai akan datangnya hari akhirtersebut. Beriman pada hari akhir mempunyai beberapa manfaat antara lain selalu bertindak hati-hati dan penuh pertimbangan, selalu berada dalam kebenaran, danmemanfaatkan w
aktu hidup untuk berlomba mencari kebaikan “fastabiqulkhoirot”

semoaga artikel kali ini bermanfaat, silahkan share pada temen temen kita. agar semua orang tahu. dan sadar akan semua kesalahannya. 
PAI
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.