Notifikasi

voucer
voucer
voucer

Pembahasan MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TERSURAT dan TERSIRAT Soal UN B.Indonesia (+ contoh soal)

Informasi tersirat adalah informasi yang tersembunyi atau informasi yang tidak tertulis pada sebuah naskah dan perlu pemahaman lebih untuk menemukan informasi tersebut. Contoh informasi tersirat: Ratna berjalan dengan tenang, kepalanya menunduk. Langkahnya pelan dan tak peduli sesekali kakinya terkena batu. Tangannya menggenggam erat sebuah kertas. Kertas itu adalah sebuah surat yang ia terima tadi pagi.
Asalamualaikum, selamat datang kembali brsama saya di jurnalismaarif. ok pada kesempatan kali ini saya akan mebahas soal UN SMK/MA B.Indonesia mengenai materi : mengidentifikasi informasi tersurat. 

Pembahasan Mengidentifikasi Informasi Tersurat dan Tersirat

Pembahasan Mengidentifikasi Informasi Tersurat dan Tersirat Soal UN B.Indonesia


Sebuah paragraf atau tulisan ditulis mempunyai maksud tertentu. Penulis menyampaikan pandangan atas suatu masalah melalui tulisan. Pandangan menulis dapat berupa tujuan, maksud, dan keberpihakan penulis.
Masalah atau peristiwa yang terdapat dalam teks dapat diketahui sebab dan akibatnya dengan mengajukan pertanyaan. Kalimat tanya untuk mengetahui sebab-akibat dalam sebuah paragraf adalah sebagai berikut:
  1. Mengapa untuk menanyakan sebab atau alasan, amsalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks.
  2. Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks. 
Apa itu informasi tersurat/ tersiarat..?


  • Informasi tersirat adalah informasi yang tersembunyi atau informasi yang tidak tertulis pada sebuah naskah dan perlu pemahaman lebih untuk menemukan informasi tersebut.
Contoh informasi tersirat:
Ratna berjalan dengan tenang, kepalanya menunduk. Langkahnya pelan dan tak peduli sesekali kakinya terkena batu. Tangannya menggenggam erat sebuah kertas. Kertas itu adalah sebuah surat yang ia terima tadi pagi. 
Informasi tersirat dari penggalan teks di atas adalah Ratna dengan bersedih karena ia berjalan dengan menunduk dan tidak peduli kakinya yang terkena batu.

  • Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis dalam suatu bacaan.
Contoh pada teks di atas, informasi tersurat adalah Ratna sedang menggenggam erat sebuah surat yang ia terima tadi pagi.

CONTOH SOAL :

Teks soal 1-2

Kekerasan terhadap anak semakin marak. 2)Satgas Perlindungan Anak, misalnya, setiap hari menerima enam laporan kekerasan dan kejahatan terhadap anak. 3)Laporan yang sama banyaknya diterima juga di daerah oleh lembaga yang bergerak dalam perlindungan anak. 4) Tingginya kekerasan terhadap anak memperlihatkan ketidakpedulian kita terhadap hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar, bebas dari rasa takut, dan ancaman. 5)Oleh karena itu, kita menuntut Kementerian PPPA membuat kebijakan nasional yang lebih konkret dalam melindungi anak. (kompas.com)

1. Mengapa kekerasan terhadap anak masih terus terjadi?

A. Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak belum membijak kebijakan nasional.
B. Satgas Perlindungan Anak hanya menerima laporan kekerasan terhadap anak tanpa bertindak.
C. Pemberitaan tentang kekerasan terhadap anak kurang disorot oleh media massa.
D. Ketidakpedulian lita dan masyarakat terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
E. Masih sedikit lembaga yang bergerak dalam perlindungan anak dan perempuan.
2. Opini penulis dalam paragraf di atas ditunjukkan dalam kalimat....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 4 dan 5
Teks 3-4

Kasus infeksi saluran pernapasan atas akibat kabut asap terus meningkat. Di Jambi misalnya, kasus ISPA hingga data kemarin sudah  mencapai 90.747 kasus. Selain itu di Sumatera Selatan mencapai 101.333 kasus, dan di Kalimantan Selatan terdapat 97.430 kasus. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) akibat kebakaran hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan, masih menunjukkan angka berbahaya. Seharusnya setiap orang berhak untuk menghirup udara bersih. Untuk itu negara wajib melindungi hak tersebut. Pemerintah mesti mengumumkan setiap jam berapa angka ISPU. Hal ini penting agar warga bisa memastikan apakah aman bagi dirinya dan keluarganya beraktivitas di luar rumah saat kabut asap mengepung daerahnya.  (Hariansib.co)

3. Maksud penulis dalam kalimat bercetak miring di atas adalah....
A. menjelaskan pengertian penyakit ISPA kepada masyarakat.
B. menjelaskan ISPU di Indonesia.
C. menjelaskan gangguan kesehatan akibat kabut asap terus meningkat.
D. menjelaskan hak-hak masyarakat yang terdampak kabut asap.
E. menjelaskan asal-muasal kabut asap di Pulau Sumatera dan Kalimantan. 
4. Penulis dalam teks tersebut berpihak kepada....
A. Pemerintah
B. korban kabut asap
C. pembuat ISPU
D. pembuat pengumuman
E. petugas media
Baca Juga : Materi UN Bahasa Indonesia tentang Paragraf Non Sastra dan Contoh Soal yang biasa keluar
yaap, demikian yang kali ini bisa saya  sampaikan, semloga bermanfaat. dan silahkan share jika menurut kalian bermanfaat...! Wasalam..!
B.Indonesia
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.