Notifikasi

voucer
voucer
voucer

Penjelasan IMAN PADA HARI AKHIR/ Kiamat_Materi USBN

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita memahami ajaran-ajaran islam. Salah satu hal yang dipelajari adalah Rukun Iman. Ada 6 hal yang seharusnya kita Imani yaitu iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Nabi dan Rosul, iman kepada Hari Kiamat, dan iman kepada Qodo dan Qodar.
Assalamualaikum, Wr, Wb.. hai apakabar semua,selamtdatang dan berjumpa kembali bersama saya di jurnalismaarif. ok pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas Pelajaran Agama Islam, dimana hal ini berkaitan dengan akan di adakannya USBN (sesuai Kisi-kisi). yapp, benar sekali..! yang kali ini akan saya bahas adalah bidang Aqidah yaitu Iman Pada Hari Kiamat. yuu, langsung saja kita seimak...!

Penjelasan IMAN PADA HARI AKHIR/ Kiamat

Penjelasan IMAN PADA HARI AKHIR/ Kiamat


Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita memahami ajaran-ajaran islam. Salah satu hal yang dipelajari adalah Rukun Iman. Ada 6 hal yang seharusnya kita Imani yaitu iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Nabi dan Rosul, iman kepada Hari Kiamat, dan iman kepada Qodo dan Qodar.

Kita tidak pernah tau kapan datangnya hari akhir. Untuk itu perlu kita mempersiapkan bekal amal-amal kebaikan yang nanti akan diperhitungkandihari akhir. Oleh karna itu, padakesempatan kali ini saya akan membahas tentang Hari Kiamat/ Hari akhir. yu langsung saja kita bahas bersama..! 

Apa yang di maksud Iman pada Hari Kiamat..?

Iman berasal dari bahasa Arab yang artinya percaya. Sedangkan menurut istilah, iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dalam perbuatan. orang yang beriman itu disebut mukmin. Seseorang dapat dikatakan sebagai mukmin yang sempurna apabila ia dapat memenuhi ketiga unsur tersebut.

Seorang mukmin wajib mengimani rukun iman. Rukun iman ada lima yaitu iman kepada Allah, iman kepadamalaikat Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada nabi dan rosulAllah, Iman kepada hari kiamat dan iman kepada Qodo dan Qodar. Hari kiamat menurut bahasa adalah kehancuran atau kebangkitan.Menurut istilah hari kiamat adalah hari kehancuran alam semesta beserta seluruh isinya. 

Sedangkan iman kepada hari kiamat adalah meyakini atau mempercayai bahwa hari kiamat itu akan terjadi. hari akhir diawali dengan tiupan sangkakala oleh malaikat Isrofil yang mematikan seluruh alam besertaisinya. Terjadinya hari kiamat telah dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Quran berikut ini.
  • Q.S Al-Hajj Ayat 7
  • Q.S Al-Qoriah 
  • Q.S Al-Zalzalah

Nama-nama hari Kiamat 

hari kiamat mempunyai banyak nama, yaitu :
  1. Hari akhir = hari penghabisan
  2. Yaumul hisab = hari perhitungan
  3. Yaumul fashli = hari keputusan
  4. Yaumul jami' = hari berkumpul
  5. Yaumul tholaq = hari pertemuan
  6. Yaumul hasroh = hari penyesalan
  7. Yaumul qooriah = hari peristiwa besar 
  8. Yaumul fath = hari kemenangan
  9. Yaumul ba'ats = hari kebangkitan
  10. Yaumul Bukka = hari tangisan

Macam - macam Kiamat

  • Kiamat Sugra

Kiamat sugra adalah kiamat kecil, yaitu berakhirnya kehidupan semua mahluk yang bernyawa dalam skala kecil dan peristiwanya secara kolektif dan lokal mengakibatkan banyak korban, baik jiwa maupun harta, misalnya bencana gunung meletus, banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, dan lain sebagainya, contohnya kematian. Setiap manusia pasti akan mengalamikematian sebagaimana firman Allah SWT.
"tiap-tiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian dan sesungguhnya pahala kamu akan disempurnakan pada hari kiamat."Q.S Ali Imran :185 

  • Kiamat Kubra

Kiamat kubra adalah peristiwa yang amat besar. karena pada saat itu dengan Qudrat dan Iradat-Nya, alam semesta beserta isinya akan hancur lebur, Kiamat kubra merupakan rahasia Allah SWT. dan akan datang secara tiba-tiba. Allah SWT. berfirman :
"Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu. Sesungguhnya kegoncangan  pada hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang amat besar (dahsyat)." Q.S Al-Hajj : 1
Dalam sebuah hadis dikisahkan bahwa Malaikat Jibril berdialog dengan Rasulallah. SAW.  yang isinya tentang Waktu terjadinya kiamat sebagai berikut.
Artinya : "Wahai Muhammad, kapankah akan terjadinya kiamat" Rasulullah menjawab, "Orang yang bertanya lebih tahu dari pada orang yang ditanya." H.R Bukhari" 
Kemudian dalam firman Allah dinyatakan sebagai berikut.
"Dan bahwasanya saat kiamat itu pasti datang dan akan aku rahasiakan untuk memberi pembalasan kepada setiap diri menurut apa yang telah di usahakannya."Q.S Taha :15 .
Dari dalil-dalil naqli di atas, kiamat kubra pasti akan terjadi dan merupakan peristiwa yang amat dahsyat, terjadi secara tiba-tiba, dan menjadi rahasia Allah SWT.

Tanda-tanda besar datannya Hari Kiamat

  1. Munculnya Imam Mahdi
  2. Keluarnya Dajjal
  3. Turunnya Nabi Isa a.s
  4. Islam menjadi Khilafah di muka bumi
  5. Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj
  6. Terbitnya matahari dari tempat terbenamnya 
  7. Munculnya binatang melata di bumi
  8. Hihancurkannya Ka'bah
  9. Terjadinya penenggalaman bumi di bagian timur dan barat 
  10. Keluar api dari Yaman

PERISTIWA SETELAH HARI AKHIR

  1. Alam Barjah juga disebut alam kubur. DI alam barjah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan buruk.
  2. Yaumul Ba'as artinya hari kebangkitan, yaitu hari bangkitnya kembali seluruh umat manusia sejak Nabi Adam as hingga manusia terakhir dari alam kubur setelah malaikat Israfil meniup sangkakala yang kedua.
  3. Yaumul Mi'an yaitu hari penimbangan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidupnya.
  4. Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama masa hidupnya.
  5. Siratalmustaqim adalah jalan atau jembatan penentu dari setiap manusia setelah diperhitungkan dan ditimbang perbuatan baik buruknya. Sirat merupakan penentu manusia masuk surga maupun neraka.
  6. Syafa'at adalah pertolongan yang diperoleh oleh umat manusia yang beriman, islam dan ikhsan. Pertolongan tersebut dari perbuatan baiknya selama hidup di dunia. 
  7. Surga dan Neraka adalah tempat terakhir yang diciptakan oleh Allah SWT (untuk memberikan balasan atas perbuatan manusia semasa di dunia)

Fungsi Beriman Kepada Hari Kiamat

  1. Melalui keimanan dan keyakinan akan adanya hari akhir, manusia memiliki harapan akan kehidupan yang kekal dan penuh dengan kenikmatan serta kebahagiaan yang hakiki. Dengan demikian, iman kepada hari akhir mempunyai fungsi yang sangat penting, antara lain sebagai berikut.
  2. Sebagai pemelihara diri dari perbuatan dosa karena manusia harus selektif dalam berbuat, bertindak, dan beramal.
  3. Sebagai pemacu semangat disiplin dan bertanggung jawab untuk menaati segala perintah Allah SWT. serta berusaha menjauhi segala yang dilarang-Nya semaksimal mungkin.
  4. Sebagai penunjang kehidupan yang tenang dan tenteram karena telah melaksanakan ibadah maupun muamalah.
  5. Akan menjadi penyadaran bagi manusia yang lupa diri dan tenggelam dalam akan kesenangan atau kepuasan duniawi. Kesenangan atau kepuasan tersebut bersifat nisbi karena yang hakiki adalah menyelaraskan hidup duniawi dengan kehidupan ukhrawi.
  6. Sebagai pewujud akhlakul karimah dan menghilangkan sifat buruk yang ada pada manusia, di antaranya egoisme, takabur, serakah, pemalas, dan kikir serta berusaha memupuk kesadaran sosial sesuai dengan ajaran Islam.

Hikmah Iman Kepada Hari Kiamat

Hikmah yang secara tersirat muncul dari keimanan sebagai muslim sejati, pasti juga akan mempengaruhi seluruh sendi kehidupan. Hikmah ini sangat penting karena secara luas juga akan mempengaruhi dalam cara memandang kehidupan manusia dan seluruh makhluk di alam ini. Beberapa hikmah tersebutantara lain dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Manusia tidak hidup di dunia ini selamanya. oleh karena itu, manusia hendaknya senantiasa menabung amal saleh sebagai bekal untuk kehidupan diakhirat kelak.
  2. Manusia tidak boleh berlaku sewenang-wenang selama hidup di dunia karena segala amal perbuatan pasti akan mendapat balasannya di akhirat kelak, tanpa kecuali.
  3. Allah Maha adil dan setiap perbuatan akan mendapat balasan yang setimpal.Dengan kata lain, semua perbuatan akan mendapat balasan dari Sang Maha Pemberi Balasan.
  4. Kaum mukmin harus selalu ingat bahwa hari kiamat pasti akan terjadi dan kita harus senantiasa siap setiap saat menghadapi kedatangannya.
  5. Iman kepada hari akhir akan membuat kita memahami akan arti dan tujuan hidup di dunia. Dengan memahami hal tersebut, kita tidak akan pernah kehilangan arah dan dapat memelihara sikap hidup yang positif serta optimis.
  6. Dengan beriman kepada hari akhir, kita bisa menerima segala ketentuan Allah dengan ikhlas. Allah tidak pernah menciptakan segala sesuatu dengan sia-sia. Oleh karena itu, kita harus yakin bahwa setiap manusia memiliki misi dan tujuan dalam kehidupannya serta akan mendapat ganjaran atas usahanya tersebut.

Sebagai manusia yang beriman kita harus mempercayai bahwa hari akhir itu akan terjadi suatu hari nanti. demikian yang kali ini saya sampaikan semoga bermanfa'at, silahkan share agarsemua temen temen kitamengatahuinya. mohon atas segala kekurangan. wasalamm..!
Islami PAI
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.