Notifikasi

voucer
voucer
voucer

5 Keuntungan Luarbiasa Orang Yang Mencari Ilmu (Lengkap Hadis)

jangan mengeluh jika santri wasantriah merasa tidak mengerti akan ilmu yang selalu di aji, akan pelajaran sekolah yang selalu di hapal. karna yang wajib itu mencarinya bukan bisanya. istilah sunda pastilah anda tahu "cikaracak ninggang batu laun laun jadi legok" maksudnya, asalkan kita terus menerus mancari ilmu dan tak pernak putus asa maka insyalloh imu itu akan kita dapatkan. dan ketika ilmu kita dapatkan sungguh apa yang anda inginkan pastilah anda raih.
5 Keuntungan Luarbiasa orang yang mencari ilmu _ assalamualaikum..!
hai, apakabar semua..? tahukah anda bahwa kita sebagai umat manusia, terutama muslimin & muslimat. senantiasa di wajibkan untuk menuntu ilmu.? trus buat apasih ilmu itu,..? apa untunggnya.? ok, pada pembahasan kali ini saya akan membahasa 5 keuntungan orang yang mencari dan orang yang memiliki ilmu..!(bisa pake materi pidato) lets go..!

sebagiman Rosululloh SAW bersabda :
‫طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة  مِنَ الْمَهْدِ اِلى الَّلحْدِ
"mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimat dari mulai buaian sampai ke liang lahad"  

yap, dengan begitu kita selaku umat manuasia, muslimin & muslimat ,yang senantiasa masih hidup di dunia, wajiblah bagi kita untuk mencari dan terus mencari yang namanya ilmu, baik itu ilmu pengetahua alam, sosial, apalagi ilmu agama. 

Dengan kita mengetahui hal tersebut. kita sebagi pelajar/santri haruslah terus semangat dan senantiasa merasa beruntung, dikarnakan mencari ilmu itu wajib, dan yang namanya wajib itu  " apabila di lakukan akan mendapatkan pahala dan apabila di tinggalkan akan mendapatkan dosa " sehingga secara tidak langsung mau atau tidak mau, kita yang sedang mencari ilmu insyalloh akan mendapatkan pahala (subhanalloh) dan sebaliknya ketika seseorang tidak mencari ilmu dia akan mendapatkan siksa (nauzubillah). 

Ok, jadi intinya mencari ilmu itu tidak ada batasnya. olehkarna itu agar kita termotivasi untuk selalu bersemangat dan pantang menyerah dalam mencari ilmu, maka kita harus tahu  keuntungan apa yang akan kita dapatkan. supaya apa yang kita lakukan bukan sekedar memenuhi kewajiban, melaikan bayak tujuan tujuan yang lainnya. ok yu langsung saja..!

5 Keuntungan Luarbiasa Orang Yang Mencari Ilmu

5 Keuntungan Luarbiasa Orang Yang Mencari Ilmu


Pertama, senantiasa berada pada taman surga. 
Rasulullah Saw pernah bersabda dihadapan para sahabatnya: “Wahai para sahabatku! Apabila anda semua melihat taman surga di dunia, maka mampirlah. Salah seorang sahabat rasul bertanya: “Ya Rasululallah!, apakah ada taman surga di dunia?” Rasul menjawab: “ada, yaitu majelis ta’lim”.
Jadi... wahai saudaraku... hadirilah selalu majelis taklim, diundang ataupun tidak diundang, karena ia adalah  ,"رَوْضَةُ مِنَ رِيَاضِ اْلجَنَّةِ" taman dari pada taman-taman surga.

Alhamdulillah kita sebagai santri senantiasa melakuan pengajian setiap hari, siang maupun malam. maka berbanggalah jikala anda seorang santri, dan kungjungilah pengajian pengajian jikala anda bukan santri.. hidup santri..!!hhi

Ke-Dua, Dimudahkan menuju jalan ke surga
Rasulullah Saw bersabda:   مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ عِلْمًا سَهَّلَ الله ُطَرِيَْقهُ اِلىَ الْجَنَّةِ
Artinya: “Barang siapa menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju surga”.

Alhamdulilah, bukan haya sebatas pahala yang kita dapat dari kewajibannya mencari ilmu. melaikan kita juga mendapatkan jaminan akan dimudahkannya masuk ke dalam surgannya Allah SWT.  sampai-sampai orang yang mencari ilmu itu di ibaratkan sedang mencari surga, Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhahu berkata:
مَنْ كَانَتْ فِى طَلَبِ الْعِلْمِ كَانَتْ اَلْجَنَّةُ فِى طَلَبِهِ وَمَنْ كَانَتْ فِى طَلَبِ الْمَعْصِيَّةِ كَانَتْ َالنَّارُ فِى طَلَبِهِ
Artinya: “Barang siapa mencari ilmu, berarti ia sedang mencari surga, dan barang siapa mencari kemaksiatan, berarti ia sedang mencari neraka”

Ke-Tiga, Allah akan mengangkat beberapa derajat kepada orang yang berilmu
Allah Swt berfirman dalam surat al-Mujadalah:11
Artinya: “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

bukan sebatas wajib mencarinya, tapi sangatlah bayak keuntungan yang mendapatkannya. yang salasatunya akan allah tinggikan drajatnya, contohnya : begitu nampak jelas perbedaan derajatnya seorang doktor dan para anak jalanan. walohua'alam.!

Ke-Empat, Mendapatkan kebahagiaan hidup.
sungguh kata kata yang indah dan menyentuh..!
“Dengan iman hidup jadi terarah, dengan seni hidup jadi indah, dan dengan ilmu hidup jadi bahagia”.
Dimana hal tersebut sejalan dengan ungkapan di atas, dengan sabda rasulluloh saw. 
 من ارادالدنيا فعليه باالعلم ومن اراد الأخرة فعليه باالعلم ومن ارادهما فعليه باالعلم  
Artinya: “Barang siapa menginginkan kebahagiaan hidup di dunia, maka ia harus memiliki ilmu, barang siapa menginginkan kebahagiaan hidup di akherat, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa menginginkan kebahagiaan hidup keduanya, maka ia harus memiliki ilmu”.

dari hadis tersebut namak jelas bawasannya orang yangmemiliki ilmu akan senantiasa mendapatkan dua kemuliaan, yaitu kemulian dunia dan akherat. Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu berkata:
"عِزُّالدُّ نْيَا بِالْمَالِ وَعِزُّالآخِرَةِ بِصَالِحِ اْلأعْمَالِ"
Artinya: “Kemuliaan dunia bisa diraih dengan harta, dan kemuliaan akhirat hanya bisa diraih dengan amal shaleh”.

Untuk memperoleh harta yang banyak  agar bisa beramal shaleh, dan mendapat kemuliaan, kuncinya adalah ilmu, tanpa ilmu imposible kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan.

Ibnu Abbas r.a berkata: “Nabi Sulaiman bin Daud ‘Alaihimas Salam, disuruh oleh Allah Swt untuk memilih ilmu, harta, dan kerajaan. Lalu Nabi Sulaiman memilih ilmu, maka mengikutlah harta dan kerajaan itu.

Ke-Lima, Penebus dosa-dosa yang telah lalu. 
Rasulullah Saw bersabda:
مَنْ طَلَبَ الْعِلْمَ كَانَ كَفَّارَةٌ لِمَا مَضَى (رواه الترمذى)
Artinya: “Barang siapa yang menuntut ilmu, maka menjadi penebus dosa-dosa yang telah lalu” (H.R. Attirmidzi darti Sakh Barah).

Dalam riwayat yang lain dijelaskan bahwa, para malaikat, ikan-ikan yang ada di laut, semut-semut yang ada dilubangnya memohonkan ampunan kepada orang-orang yang sedang menuntut ilmu. Juga diceritakan dalam riwayat yang lain bahwa para Malaikat menaungi dengan sayap-sayapnya kepada orang-orang yang sedang mencari ilmu. 

KESIMPULAN ...!
teruslah mencari ilmu, semangat dan senatiasa mengharap ridho allah swt, dan iringi dengan ahlakul karima. 

jangan mengeluh jika santri wasantriah merasa tidak mengerti akan ilmu yang selalu di aji, akan pelajaran sekolah yang selalu di hapal. karna yang wajib itu mencarinya bukan bisanya. istilah sunda pastilah anda tahu "cikaracak ninggang batu laun laun jadi legok" maksudnya, asalkan kita terus menerus mancari ilmu dan tak pernak putus asa maka insyalloh imu itu akan kita dapatkan. dan ketika ilmu kita dapatkan sungguh apa yang anda inginkan pastilah anda raih. 

sekian wasalmualaikum.! hidup santri..! hidup pelajar ! indonesia bisa..!
share,,, share,,,, share,,,!!!

Islami
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.