Notifikasi

voucer
voucer
voucer

5 Ilmuan Islam Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi

Sejarah telah membuktikan betapa dunia Islam telah melahirkan banyak sarjana dan ilmuwan yang sangat hebat dalam berbagai bidang. Dan karnyapun masih sering kita gunkan dan kita kaji. Berkaitan dengan jaman sekarang, dimana dunia yang di penuhi dengan teknologi. Dari mulai anak-anak sampe yang tua, oleh karna itu saya menulis ini agar menjadi salasatu alasan kebanggaan menjadi orang islam. Yaap, ini dia orang-orang muslim yang sangat berpengaruh di dunia terknologi.

Ilmuan Islam Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi_ Assalamualaikum. Wr. Wb. Selamat datang di jurnalis maarif..! islam adalah agama rahmatalil alamin yang di bawa oleh Rasululloh Muhammad SAW. Diman Islam ini merupakan agama yang sempurna dengan Al-Quran sebagai pedomannya. Sehingga tak heran jika orang-orang islam adalah orang yang hebat.


Sejarah telah membuktikan betapa dunia Islam telah melahirkan banyak sarjana dan ilmuwan yang sangat hebat dalam berbagai bidang. Dan karnyapun masih sering kita gunkan dan kita kaji.

Berkaitan dengan jaman sekarang, dimana dunia yang di penuhi dengan teknologi. Dari mulai anak-anak sampe yang tua, oleh karna itu saya menulis ini agar menjadi salasatu alasan kebanggaan menjadi orang islam. Yaap, ini dia orang-orang muslim yang sangat berpengaruh di dunia terknologi.

5 Ilmuan Islam Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi


Pertama, Abbas Bin Firnas


Abbas Bin Firnas

Abbas Bin Firnas atau yang juga dikenal dengan sebutan Abbas Abu al-Qasim adalah seorang ilmuwan muslim yang sangat cerdas dan mampu memparalelkan satu cabang ilmu yang ia kuasai dengan cabang ilmu lainnya.


Selain menjadi ilmuwan, ia juga merupakan seorang fisikawan, kimiawan, teknisi, musisi Andalusia, dan penyiar berbahasa Arab.

Abbas menjadi ilmuwan muslim pertama di dunia yang berhasil membuat konstruksi alat yang bisa terbang.


Pada abad ke-9 ia menciptakan sebuah alat terbang bersayap menyerupai burung, dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol.

Menariknya, penemuan konsep teknologi pesawat terbang ini ternyata terinspirasi setelah Abbas membaca surat Al-Mulk ayat 19.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya dia Maha Melihat segala sesuatu.

Dari situlah Abbas berpikir untuk menciptakan konsep pesawat terbang dan berhasil membuktikan bahwa benda padat sekalipun bisa melayang di udara.


Ke-Dua, Ibnu Al-Haitham

5 Ilmuan Islam Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi

Abu Ali Muhammad al-Hasan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibnu Haitham menjadi salah satu tokoh Islam yang berpengaruh di dunia teknologi. Ibnu merupakan seorang ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat.

Selain itu, ia juga menjadi seorang pencipta dari teknologi optik yang kini digunakan pada perangkat kamera. Teknologi temuannya ini menginspirasi Roger Bacon dan Kepler untuk menciptakan mikroskop dan teleskop.

Tidak hanya itu saja, Ibnu Haitsam juga turut melakukan percobaan terhadap kaca yang dibakar, dan dari situ ditemukanlah teori lensa pembesar. Bahkan, teori itu telah digunakan oleh para ilmuwan di Italia untuk menghasilkan kaca pembesar pertama di dunia.


Ke-Tiga, Al Battani

Ilmuan Islam Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi

Al Battani adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan muslim dari Arab yang cukup berpengaruh pada abad pertengahan.

Berkat salah satu pencapaiannya yang paling terkenal yaitu penentuan tahun matahari(Masehi), akhirnya saat ini kita mengetahui bahwa dalam satu tahun terdiri dari 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik.

Hasil penemuan Al Battani ini dianggap sangat akurat . Bahkan, keakuratan penghitungan ini membuat seorang matematikawan asal Jerman bernama Christopher Clavius menggunakannya untuk memperbaiki kalender Julian.

Ketertarikannya terhadap bidang astronomi sudah diasah sejak Al Battani kecil, ia dididik oleh ayahnya yang juga seorang ilmuwan astronomi.

Ke-Empat, Abdus Salam

Ilmuan Islam di Dunia Teknologi

Abdus Salam merupakan seorang fisikawan asal Pakistan yang menganut aliran Muslim Ahmadiyah Qadian. Sayangnya, aliran ini dianggap sebagai minoritas non-muslim di Pakistan.

Hal tersebut membuat pemerintah Pakistan tidak pernah memberinya penghargaan meskipun ia telah berkontribusi luar biasa untuk pengembangan teknologi di negaranya.

Walau begitu, hal ini tidak mematahkan semangat Salam yang dibuktikan dengan perolehan penghargaan paling bergengsi dalam bidang sains.

Berkat kontribusinya dalam pengembangan teori penyatuan electroweak membuat Salam dianugerahi Penghargaan Nobel pada tahun 1979. Hal itu sekaligus membuat Salam menjadi orang Islam pertama yang mendapat penghargaan Nobel.


Ke-Lima, Anousheh Ansari

Ilmuan Islam di Dunia Teknologi

Anousheh Ansari sukses mencuri perhatian publik setelah dirinya dinobatkan sebagai perempuan muslim pertama yang melakukan penerbangan ke luar angkasa.

Ansari adalah insinyur kelistrikan yang juga pendiri dari perusahaan teknologi Prodea Systems yang berfokus pada pengembangan Internet of Things. Perusahaan yang dibangun pada tahun 2006 tersebut membantu daerah terpencil di India agar bisa merasakan internet.

Selain menjadi pendiri dari Prodea Systems, Ansari juga merupakan pendiri dan CEO dari Telecom Technologies.

Dari serangkaian bisnis inilah yang akhirnya bisa membuat Ansari untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan dana pribadinya pada 18 September 2006 lalu.

Sebelum keberangkatannya, Ansari menjalani persiapan selama enam bulan di Star City, Rusia. Persiapan tersebut meliputi latihan dalam kelas, simulasi, gravitasi nol, dan teknik bertahan hidup.

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga informasi ini brmanfaat. Sehingga kita selalu muslim senantiasa unutuk termotivasi, semangat dan tak pernah menyerah. Berkerja keras dan selalu berdoa yang tak luput dari berserah diri. Wasalam...!

Islami
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.