Notifikasi

voucer
voucer
voucer

Pembahasan TKU Dalam Gerakan Pramuka Lengkap

tkk dan tku penggalang,tanda kecakapan khusus,lambang tku pramuka siaga,pp tanda kecakapan umum,tanda pengenal pramuka,contoh tku,tanda kecakapan khusus siaga,apa saja tanda kecakapan umum untuk pramuka siaga,tku penegak,tkk dan tku penggalang,tanda kecakapan khusus,contoh tku,tanda pengenal pramuka,tkk penggalang dan artinya,contoh kegiatan siaga untuk mendapatkan tanda kecakapa,jelaskan bentuk dan tingkatan tanda kecakapan khusus pada kelompok pramuka,pp tanda kecakapan umum,gambar tanda kecakapan umum penegak,apa saja tanda kecakapan umum untuk pramuka siaga,tanda kecakapan khusus,tanda kecakapan khusus siaga,gambar tanda kecakapan khusus,tujuan dari tanda kecakapan,contoh kegiatan siaga untuk mendapatkan tanda kecakapan
Assalamualaikum, Wr, Wb..! Salma Pramuka.! Tanda Pengnal Gerakan Pramuka bukanlah hanya sebatas untuk gaya. tanda pengenal ini memiliki fungsi dan maksud tertentu. Sehingga mereka bisa menunjukan jati dirinya sebagai seorang Pramuka. 

Baca juga :

  1. Ciri Ciri Pengendalian Emosi dalam Pramuka (Materi SKU)
  2. Macam-Macam SALAM PRAMUKA dan Fungsi lengkap dengan Cara Penggunaanya
  3. Penjelasan Materi SKU Tentang Keagamaan (Pembahasan Lengkap)

diantara tanda pengenal Pengnal Gerakan Pramuka ada yang namanya Tanda Kecakapan Umun dan ada Tanda Kecakapan Khusus. dan pada keempatan kali ini sebelum membahas apa itu TKK saya akan terlebih dahulu membahas TKU. untuk itu bagi temen-temen yang belum tahu silahkan simak dengan seksama.

Pembahasan TKU Dalam Gerakan Pramuka Lengkap

Pembahasan TKU Dalam Gerakan Pramuka 

TKU (Tanda Kecakapan Umum) adalah bagian dari sistem tanda kecakapan dalam Gerakan Pramuka di samping TKK (Tanda Kecakapan Khusus).

Tanda Kecakapan Umum diberikan setelah seorang anggota Gerakan Pramuka menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dalam tingkatannya masing-masing.

Tanda Kecakapan Umum hanya berlaku bagi anggota Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. TKU tidak berlaku bagi seperti Pembina, Andalan dan anggota dewasa lainnya.

Bentuk, Tingkatan dan Temakaiann TKU 

  • TKU Pramuka Siaga

TKU Pramuka Siaga


  1. Berbentuk bunga kelapa kuncup berwarna hijau dengan gambar "bunga kelapa" berwarna putih.
  2. TKU Pramuka Siaga terdiri atas: TKU Siaga mula (satu susun), TKU Siaga bantu (dua susun) dan TKU Siaga tata (tiga susun).
  3. TKU Pramuka Siaga dikenakan di lengan baju sebelah kiri.


  • TKU Pramuka Penggalang
TKU Pramuka Penggalang

  1. Berbentuk bunga kelapa mekar berbentuk huruf V berwarna dasar merah dengan gambar "bunga kelapa bertangkai tiga" berwarna putih.
  2. TKU Pramuka Penggalang terdiri atas: TKU Penggalang Ramu (satu susun), TKU Penggalang Rakit (dua susun) dan TKU Penggalang Terap (tiga susun).
  3. TKU Pramuka Penggalang dikenakan di lengan baju sebelah kiri.


  • TKU Pramuka Penegak
TKU Pramuka Penegak

  1. Berbentuk tanda pundak berwarna dasar hijau dengan gambar bintang, sepasang tunas kelapa dan tulisan "Bantara" atau "Laksana" berwarna kuning.
  2. TKU Pramuka Penegak terdiri atas TKU Penegak Bantara (bertuliskan "BANTARA" di bagian bawah tunas kelapa) dan TKU Penegak Laksana (bertuliskan "LAKSANA" di bagian bawah tunas kelapa).
  3. TKU Pramuka Penegak dikenakan di masing-masing bahu baju seragam pramuka (pundak).
  4. . Dua buah tunas kelapa yang berpasangan mengibaratkan keselarasan dan kesatuan gerakan pramuka penegak dan pandega putera dan puteri yang sedang membina dirinya sebagai makhluk pribadi, makhuk sosial, dan makhluk Tuhan, menuju cita-cita bangsa yang tinggi setinggi bintang di langit, untuk kemudian mengabdikan dirinya, kedalam dan di luar organisasi Gerakan Pramuka.
  5. Tanda penegak Bantara dan Laksana diletakkan ditas pundak kiri dan kanan.

  • TKU Pramuka Pandega


  1. Berbentuk tanda pundak berwarna dasar coklat dengan gambar bintang, sepasang tunas kelapa dan tulisan "Pandega" berwarna coklat.
  2. Tingkatannya hanya satu tingkatan.
  3. TKU Pramuka Pandega dikenakan di masing-masing bahu baju seragam pramuka (pundak)
sekian yang bisa saya sampaikan, saya harap setelah kalian membaca artikel ini, kalin paham dan mampu menjelaskannya pada orang lain. apalagi ketika tingkatan kakak-kakak sudah tinggi. tentunya anda harus tahu semuanya, jika anda ingin menjadi seorang Pramuka Sejati..!

untuk lebih luasnya pemahama kepramuaan bisa KLIK di SINI
pramuka
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
voucer
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.